Sabtu, 06 Maret 2010

Pengendalian Dokumen dengan Paperless-Hambatannya

Setelah mencoba beberapa saat, ternyata pengendalian dokumen dengan EDMS tidak sederhana. Salah satu masalah menyolok yang saya hadapi adalah masalah keamanan (security). XAMPP masih bersifat development stage, sehingga tidak aman untuk pemakaian secara luas.

Saat ini uji coba Pengendalian Dokumen Elektronik saya hentikan dulu, sampai masalah keamanan terselesaikan, atau didapat aplikasi lain yang lebih aman.

Masalah keamanan tersebut adalah password XAMPP yang telah dikenal banyak orang. Bagaimana kalau passwordnya diubah? Di beberapa thread telah didiskusikan hal ini. Ternyata di dalam fungsinya memang ada fasilitas "XAMPP security". Namun setelah saya coba, malah database-nya dan sekaligus website-nya tidak dapat diakses. Sampai sekarang hal ini belum terpecahkan, meskipun telah banyak ide dilontarkan, dan telah saya coba juga. Oohhh.... stuck man!

Mungkin sementara ini saya cool down dulu. Langkah selanjutnya saya sedang mencoba virtual host, di mana satu komputer bisa bersifat seolah-olah dua komputer yang berbeda, untuk menguji keamanan lebih lanjut. Nantikan kabar berikutnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar